Mengenali kekurangan diri sendiri

untuk mengenali kekurangan diri sendiri ini Ibnu al Jauziyah menuliskan antara lain

Diri adalah kekasih yang sangat di cintai sehingga kekurangannya tidak nampak jelas bagi yang mencintainya.

Di antara manusia ada yang kuat perhatian dan perlawanannya terhadap diri. Diri ditempatkan pada posisi musuh yang harus di lawan sehingga kekurangannya menjadi nampak jelas .

kecintaan manusia terhadap dirinya akan menghalanginya dari kemampuan melihat kekurangannya yang samar sebagai kekurangan. Sebagaimana seorang penyair berkata :

” Mata kepuasan suram akan segala kekurangan,
tapi mata kebencian awas terhadap kekurangan ”

Pertama , pilihlah seorang teman yang paling dewasa dan mengerti lalu pintalah kepadanya penjelasan tentang kekuranganmu, jangan sedih agar dia merasa leluasa , tanpa beban , dalam membeberkan kekurangan dirimu.
Katakan kepadanya ” Jika kamu menyembunyikan sesuatu dariku , kamu berarti penipu .

Kedua , kamu perhatikan apa yang dikatakan tetangga, saudara , dan semua orang yang berhubungan denganmu tentang dirimu.

Ketiga, memperhatikan apa yang dikatakan musuh karena musuh akan senantiasa memperhatikan kekuranganmu, manfaat yang di berikan tidak dapat diberikan seorang teman kepadamu.

Keempat, bayangkan perbuatan perbuatanmu terjadi pada orang lain kemudian lakukan apa yang dianggap baik dan tinggalkan apa yang dianggap buruk.

Kelima, memikirkan akibat buruk kekuranganmu

Ke enam perlihatkan amal perbuatanmu kepada orang yang mengerti, bentangkan di atas ukuran syara, dan letakkan di atas timbangan-timbangan keadilan, maka pasti kamu akan dapat melihat mana yang utama dan mana yang hina.

Ketujuh, lihatlah para pelaku amal perbuatan, lalu bandingkan amal perbuatanmu dengan mereka, maka kamu akan melihat bahwa bekas dari kekurangan adalah aib sehingga kamu menjauhinya.

Seberapa besarkah penyesalanmu wahai diriku ??

Leave a comment